Abstract:
AN ANALYSIS OF TEACHING MATERIALS USED IN ENGLISH III SUBJECT (A Study of English III Subject in Guidance and Counseling Department of STAIN Batusangkar Registered in 2015/2016 Academic Year)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya kualitas bahan ajar yang digunakan dosen dalam mengajar bahasa Inggris III di program studi Bimbingan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis terhadap bahan ajar yang digunakan oleh dosen Bahasa Inggris III di program studi Bimbingan Konseling STAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif content analysis melalui pendekatan kualitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah dokumen bahan ajar, 3 reading text dan 2 dokumen lists of vocabulary. Instrumen kunci pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti menggunakan teori Chelimsky (1989: 8) untuk menganalisis data, dengan langkah-langkah; menentukan, mengkode, dan menganalisis bahan ajar yang digunakan dalam bahasa Inggris III di program studi Bimbingan Konseling. Selanjutnya, peneliti mengolah data dengan menggunakan teori dari Jahangard (2007: 133), diantaranya: (1) The objectives explicitly laid out in an introduction, and implemented in the material, (2) Good vocabulary explanation and practice, (3) Periodic review and test sections, (4) Appropriate visual materials available, (5) Clear instructions, (6) Clear attractive layout, print easy to read, (7) Content clearly organized and graded, (8) Plenty of authentic language, (9) Good grammar presentation and practice, and (10) Fluency practice in all four skills. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data yaitu dengan membandingkan hasil analisis dengan teori dan dokumen terkait (silabus).
Dari hasil penelitian, peneliti menemukan tidak semua bahan ajar yang digunakan dalam bahasa Inggris III di program studi Bimbingan Konseling memenuhi kriteria evaluasi bahan ajar. Bahan ajar pertama, memenuhi 8 kriteria evaluasi bahan ajar. Bahan ajar kedua, memenuhi 8 kriteria evaluasi bahan ajar. Bahan ajar ketiga, memenuhi 8 kriteria evaluasi bahan ajar. Bahan ajar keempat memenuhi 3 kriteria evaluasi bahan ajar. Bahan ajar kelima memenuhi 3 kriteria evaluasi bahan ajar