Abstract:
Bertitik tolak dari hasil observasi, belum terlihatnya sikap ilmiah dan kinerja ilmiah siswa saat melaksanakan kegiatan laboratorium fisika di SMAN 2 Padang Panjang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Maka, dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah dan kinerja ilmiah siswa dalam melaksanakan kegiatan laboratorium ditinjau dari kompetensi inti pembelajaran fisika kelas X di SMAN 2 Padang Panjang.
Penelitian ini berupa studi lapangan (field research) yang termasuk dalam penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pengembangan instrumen, dan tahap pelaksanaan penelitian. Pada tahap persiapan melakukan observasi awal berupa wawancara yang dilanjutkan dengan membuat kisi-kisi observasi sikap ilmiah, kinerja ilmiah dan soal tes kinerja ilmiah. Pada tahap pengembangan instrumen melakukan validasi terhadap instrumen. Pada tahap pelaksanaan penelitian kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan observasi terhadap sikap ilmiah dan kinerja ilmiah siswa selama kegiatan praktikum berlangsung, melakukan penilaian terhadap laporan praktikum dan tes kinerja ilmiah, dan mengolah data penelitian.
Hasil analisis data memberikan kesimpulan yaitu: (1) Kualitas sikap ilmiah siswa dalam kegiatan laboratorium fisika meliputi sikap jujur dengan nilai sebesar 98.7, rasa ingin tahu sebesar 56.0, bertanggung jawab sebesar 76.3, teliti 67.0, kerja sama sebesar 66.5 dan kritis sebesar 58.6, memiliki rata-rata sebesar 70.5 dengan kategori sedang, (2) Kualitas kinerja ilmiah siswa dalam kegiatan laboratorium fisika yang meliputi keterampilan mengamati dengan nilai sebesar 73.5, menyusun hipotesis sebesar 67.9, merencanakan percobaan sebesar 62.9, melakukan percobaan sebesar 64.5, menginterpretasi data/grafik sebesar 59.2, menganalisis percobaan sebesar 63.2 dan komunikasi sebesar 59.3, memiliki rata-rata sebesar 64.4 dengan kategori sedang.