Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS310 |
Nama Matakuliah | Termodinamika |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | VENNY HARIS, M.SI. |
Peserta Perkuliahan | 1630107007 - DERI CINTIAMA, 1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE, 1830107025 - PERMATA LENI, 1930107001 - ANISA HAFIFAH, 1930107002 - ANNISA ZAHRA AHDALIZA, 1930107003 - ARI IRAWAN, 1930107004 - AYU SUNDARI, 1930107005 - DEDEN SUKMA JULIANTO, 1930107006 - DEVI MULYA SARI, 1930107007 - DWI MULYA PUTRI, 1930107008 - DZATIL FADHILAH, 1930107009 - ENNI YUSNITA FIRDAUS, 1930107010 - INDAH MAIMUNAH, 1930107011 - INTAN YOLANDA FASITA, 1930107012 - NUR ALIZA, 1930107013 - PERA AGUSTIA PUTRI, 1930107014 - RIRIN ANDRIANI, 1930107015 - SOFIA SOBRIA WINDA, 1930107017 - USWATUN HASANAH, 1930107018 - WINA PEPRIANI, 1930107019 - YOVEL RAMADANI, 1930107021 - ZULHIDAYATI RAHMADANIS |
Pada matakuliah ini mahasiswa belajar tentang : Konsep-konsep dasar termodinamika, koordinat-koordinat termodinamika, matematika untuk termodinamika, sifat-sifat zat murni, temperatur dan hukum ke-nol termodinamika, sistem dan persamaan keadaan, usaha mekanik eksternal, panas dan hukum pertama termodinamika untuk sistem tertutup dan sistem terbuka, hukum kedua termodinamika dan terapannya pada motor bakar dan mesin pendingin, siklus karnot dan reversibilitas, entropi, potensial termodinamika, dan perumusan lengkap termodinamika menurut rumusan Maxwell
• Mahasiswa mampu menguasai dan menganalisis konsep-konsep dasar termodinamika; matematika untuk termodinamika; Hukum-hukum termodinamika; sistem dan persamaan keadaan; entropi; perumusan lengkap termodinamika menurut rumusan Maxwell.
• Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengapilkasikan konsep-konsep termodinamika.
• Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhatul karimah nilai, dan kerjasama
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Tugas individu tentang konsep dasar termodinamika | - Mampu memahami deskripsi perkuliahan termodinamika dan aturan perkuliahannya. - Mampu memahami konsep-konsep dasar termodinamika dan hubungannya dengan matakuliah lain |
Diskusi, Tanya Jawab melalui google meet , wa dan google class room | • Mendiskusikan kontrak perkuliahan • Memahami isi RPS • Mendiskusikan konsep dasar termodinamika |
3 x 50 menit | • Kontrak perkuliahan • RPS Termodinamika • Pendahuluan termodinamika (konsep-konsep dasar termodinamika) • Koordinat-koordinat termodinamika |
|
2 | Penilaian proses Tugas terstruktur tentang dasar-dasar matematika untuk termodinamika |
Menguasai dasar-dasar matematika untuk termodinamika | mengerjakan e-worksheet termodinamika, Tanya jawab dan penjelasan materi secara daring. | • Mengerjakan materi dan pertanyaan pada e-worksheet termodinamika • Mengkomunikasikan hasil pengerjaan e-worksheet ke dalam diskusi daring pada google class room • Mendengar penguatan yang diberikan dosen terkait materi secara daring |
3 x 50 menit | Tingkat komunikatif diskusi dan presentasi Kebenaran dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas terstruktur |
Matematika untuk termodinamika : (diferensial fungsi variabel tunggal, diferensial fungsi variabel ganda, diferensial parsial, diferensial eksak dan tak eksak, hubungan antara diferensial parsial, koefisien muai volume isobarik, kompresibilitas isotermik, besaran intensif dan ekstensif, termodinamika dan energi, dimensi dan satuan, sistem tertutup dan terbuka, bentuk-bentuk energi, besaran-besaran sistem, keadaan kesetimbangan sistem, proses dan siklus, dan tekanan. |
3 | Penilaian proses Tugas terstruktur tentang sifat-sifat zat murni |
Mampu memahami sifat-sifat zat murni | Mengerjakan e-worksheet termodinamika, Tanya jawab dan penjelasan materi secara daring. | • Mengerjakan materi dan pertanyaan pada e-worksheet termodinamika • Mengkomunikasikan hasil pengerjaan e-worksheet ke dalam diskusi daring • Mendengar penguatan yang diberikan dosen terkait materi secara daring |
3 x 50 menit | Tingkat komunikatif diskusi dan presentasi Kebenaran dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas terstruktur |
Sifat-sifat zat murni: - Fase-fase zat murni - Proses perubahan fase zat murni - Diagram proses perubahan zat murni - Diagram permukaan P-V-T |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mampu mengusai konsep suhu dan Hukum Kenol Termodinamika | Suhu dan Hukum Kenol Termodinamika : - Kesetimbangan termal - Konsep temperatur - Pengukuran temperatur - Besaran termometrik - Jenis-jenis termometer berdasarkan besaran termometricnya - Temperatur gas ideal - Penskalaan termometer |
3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Suhu dan Hukum Kenol Termodinamika : - Kesetimbangan termal - Konsep temperatur - Pengukuran temperatur - Besaran termometrik - Jenis-jenis termometer berdasarkan besaran termometricnya - Temperatur gas ideal - Penskalaan termometer |
|
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Persamaan keadaan |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Ceramah, diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Persamaan keadaan |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS310-Termodinamika (3 SKS), Semester: 3 19-TFIS-A, Dosen : VENNY HARIS, M.SI., Ruang: L3.5, Hari: Senin, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar