Abstract:
Penelitian ini didasari oleh teridentifikasinya self efficacy yang rendah pada diri siswa kelas XI IPA MAN 2 batusangkar, hal ini juga diiringi dengan hasil belajar matematika yang rendah pula. Diketahui terdapat hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar siswa. Self efficacy juga dipengaruhi oleh gender siswa. Hal ini, peneliti temukan di kelas XI IPA MAN 2 Batusangkar. Untuk menguji dugaan tersebut, dilakukan penelitian dengan mencari hubungan antara self efficacy dan hasil belajar siswa, baik siswa laki-laki maupun perempuan, sekaligus perbedaan self efficacy laki-laki dan perempuan.
Jenis penelitian ini adalah metode analisis korelasi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 MAN 2 Batusangkar yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah nilai rapor siswa semester genap tahun pelajaran 2015/2016, pengisian angket self efficacy yang terdiri dari 31 pernyataan berupa 16 butir pernyataan positif dan 15 butir pernyataan negatif. Data diolah dengan menggunakan program SPSS dan Excel, hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan self efficacy dan hasil belajar matematika, dan Student t-Test untuk mengetahui perbedaan self efficacy siswa laki-laki dan perempuan .
Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara self efficacy dan hasil belajar matematika siswa laki-laki, tidak terdapat hubungan antara self efficacy dan hasil belajar matematika siswa perempuan, terdapat hubungan antara self efficacy dan hasil belajar matematika siswa secara keseluruhan. Selain itu juga diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara self efficacy siswa laki-laki dan perempuan.