Abstract:
Rika Safitri, NIM: 15300500057, Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Rambatan”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2019.
Penelitian ini bertolak dari salah satu permasalahan pembelajaran matematika di sekolah yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang masih rendah serta sumber belajar yang terbatas. Peserta didik belajar hanya mengandalkan buku paket yang tersedia di perpustakaan dengan jumlahnya yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada. Buku paket yang digunakan oleh peserta didik juga tidak dilengkapi dengan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Dengan demikian, maka perlu adanya sumber belajar pendamping yang mampu menunjang kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Salah satu sumber belajar pendamping yang dapat digunakan siswa adalah LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE.) Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang valid, praktis dan efektif
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define (pendefinisian), dalam tahap ini dilakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik dan anlisis tugas. (2) tahap design (perancangan), hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE). Hasil dari tahap design dilanjutkan dengan (3) tahap develop (pengembangan), pada tahap ini dilihat validitas, praktikalitas serta efektivitas dari LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis validitas, analisis praktikalitas serta analisis efektivitas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) yang dirancang telah valid dengan hasil validitas sebesar 73,06%. Sementara hasil praktikalitas LKPD yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yaitu 88,76% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektivitas dengan LKPD terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan N-gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang, berdasarkan angket yang telah diberikan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran dalam kategori senang, baru, berminat besar dari 80%.