Abstract:
Muhammad Yazid Hadi, NIM.1930401086 Judul skripsi “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningatkan Pembiayaan Pada PT. LKMS BMT Almabruk Batusangkar”Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, 2024. Pokok permasalah dalam skripsi ini adalah BMT Alambruk sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, BMT dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun, Disamping itu BMT mampu menciptakan starategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat descriptive dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data: observasi, interview, dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pembiayaan pada BMT Almabruk menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence dan Custumer Service. Dimana pihak BMT Almabruk memasarkan produk pembiayaannya melewati promosi (promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi dan juga adanya sistem jemput bola yang dapat memudahkan nasabah. BMT Almabruk selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabaha kan loyal.