Abstract:
FANNY BADRIAHANUM, NIM 1930304011. Judul Skripsi: Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa Di SMA Negeri 1 Bukit Sundi. Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah mengenai diterapkan layanan prima, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan adanya layanan prima minat kunjung menjadi meningkat di SMA Negeri 1 Bukit Sundi. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan pengumpulan dokumentasi berupa dokumen-dokumen pendukung penelitian.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi layanan prima disebabkan oleh beberapa hal yaitu Tangibles(bukti fisik) ,Reliability (kehandalan), Responsiveness(daya tanggap) , Assurance (jaminan) Empathy (empati), dengan adanya strategi sehingga meningkatnya minat kunjung siswa. Sedangkan kendalanya adalah belum disahkan secara kebijakan bersama strategi ini akan tetapi peraturan itu tidak di laksanakan bahkan juga ada yang melarangnya, ini juga akibat dari terciptanya aturan baru tetapi belum di jadikan SOP,tapi untuk kendala minat kunjung itu tidak ada di karekan minat kunjung yang ada di perpustakaan sekolah tersebut sudah mulai meningkat dengan di terapkan aturan yang baru. Upaya yang dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung seperti dilakukan program oleh sekolah yaitu litersi 15 menit setiap hari selasa yang mereka baca adalah buku non fiksi