Abstract:
ABSTRAK DIAN SAFITRI, NIM 14 131 009 judul SKRIPSI Implementasi Pengawasan Oleh Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah membahas tentang kedisiplinan siswa di MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar yang ternyata dalam taraf pembenahan dan peningkatan kearah yang lebih baik lagi. Meskipun telah ada tata tertib sekolah akan tetapi masih terdapatnya siswa yang melanggar aturan/tata tertib. Oleh sebab itu diperlukanlah kegiatan pengawasan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Karena dengan adanya pengawasan maka akan meminimalisir angka ketidakdisiplinan siswa. Adanya pelaksanaan pengawasan akan diketahui penyimpangan/hambatan yang terjadi dan akan dilakukan tindakan koreksi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, (2) untuk menjelaskan jenis pengawasan yang dilakukan oleh kepala MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, (3) untuk menjelaskan kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam melakukan pengawasan di MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di MTsS Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.Subjek dalam penelitian ini adalah ibuk kepala madrasah, wakil kesiswaan, guru, orang tua siswa, dan beberapa siswa di MTsS Rambatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Untuk mengecek keabsahan datanya, peneliti menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala MTsS Rambatan yaitu: (a) dilihat terlebih dahulu konteks yang akan diawasi atau penetapan standar/rencana; (b) memilih metode yang digunakan; (c) pemilihan pihak-pihak yang terlibat, (d) pelaksanaan; (e) dilakukan evaluasi. Sementara itu, jenis pengawasan yang dilakukan yaitu Pengawasan langsung (Direct control), dan Pengawasan tidak langsung (Indirect Control), serta kepala MTs S Rambatan ini juga melibatkan para guru (guru mata pelajaran, guru pembimbing, wakil kesiswaan), masyarakat, orang tua siswa, komite, dan polisi dalam pelaksanaan pengawasan yang dilakukan. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengawasan adalah madrasah belum memiliki lingkungan yang kondusif.