Abstract:
ABSTRAK DILA MARDATILLA, NIM. 13 101 029, judul skripsi “Korelasi Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 2 Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2018 dengan jumlah 82 halaman. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kesadaran siswa untuk bersikap mandiri dalam belajar serta masih banyak dari siswa yang kurang mandiri dalam hal belajar, ketika ada guru yang tidak masuk dalam jam pelajaran siswa itu sangat bergembira untuk tidak belajar padahal mereka bisa memanfaatkan waktu itu dengan belajar sendiri dan merekapun tidak akan merugi dengan membuang-buang waktu meski tanpa ada guru. adalah di MAN 2 Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran fiqih kelas X di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian yang di gunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA dan X MIS pada tahun ajaran 2017/2018 di MAN 2 Tanah Datar dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang. Sampel ini diambil menggunakan teknik kuota sampling. Karena dengan teknik kuota sampling ini peneliti dapat menentukan sampel untuk penelitian sesuai yang diinginkan sebesar 15% dari setiap populasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi dari nilai-nilai UH dan UTS siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Tanah Datar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment, dengan bantuan program SPSS versi 21, dimana sebelum masuk kedalam rumus ini harus melakukan editing, pembobotan dan penilaian, dan tabulasi data terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Tanah Datar. Ini dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatifl (Ha) dan ditolaknya hipotesis nihil (Ho) yang terlihat dari hasil perhitungan rxy lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% dimana rxy sebesar 0,700 dan rtabel 0,301. Jadi dapat disimpulkan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Tanah Datar terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini bukan berarti kemandirian belajar saja yang mempengaruhi hasil belajar akan tetapi masih banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya motivasi,bakat, minat, intelegensi dan lain sebagainya, dan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yang di bahas dalam penelitian ini adalah tentang kemandirian belajar.