Abstract:
ABSTRAK
NASRUL, NIM 13 101 090, Judul Skripsi: “Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipeTalking Stick danThink Pair Share Berbantuan Media VidioPadaPembelajaranPendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMPN 1 Rambatan”. Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017.
Dalam proses pembelajaran guru disekolah masih menggunakan metode ceramah dan tidak adanya variasi pembelajaran yang diterapkan, sehingga tidak adanya hubungan timbal balik antara guru dengan siswa dan membuat siswa menjadi kurang aktif dan terlihat juga pada hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajarankooperatiftipetalking stick dan think pair share berbantuan media vidio lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1Rambatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu,dengan rancangan Randomized Posttest Only Control Group Design. PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII SMPN 1 Rambatantahunpelajaran 2017/2018yang terdiridari4kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sampel yang terpilih adalahkelas VIII.4sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 80,51 dengan persentase ketuntasan 82,8% dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 62,73 dengan persentase ketuntasan 20%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 6,35 dan t tabel = 2,00.(thitung > ttabel). Makahipotesis diterima yaitu:hasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodel pembelajarankooperatiftipetalking stick dan think pair share berbantuan media video lebihbaikdaripadapembelajarankonvensionalpadapembelajaranPendidikan Agama Islamkelas VIII (delapan) daripadapembelajarankonvensional di SMPN 1 Rambatan.
Description:
Kata Kunci : Pembelajarankooperatiftipe talking stick dan think pair share, video pembelajaran, Hasil Belajar