Abstract:
ABSTRAK Yossy Fujiastuti, NIM:13 106 094, JudulSkripsi“Analisis Kesesuaian Soal Pembelajaran Biologi BerdasarkanTingkatan Kognitif Siswa Di SMAN 1 Rambatan”. JurusanTadrisBiologiFakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018, dengan jumlah halaman 108 lembar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang efektifnya pelaksanaan ulangan harian yang dilakukan oleh guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahuikualitasdankesesuainsoalulanganharian, kualitasdankesesuainsoalujiantengah semester denganindikatordantujuandarimasing-masing sub materibiologisertadikaitkanjugadengantingkatanranahkogitifuntuksoaldi SMAN 1 Rambatan. JenispenelitianadalahpenelitianKuantitatif(Quantative)denganmetodedeskriptif.Instrumenpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalah lembar observasi berupa daftar checklist dalam bentuk tabel tingkatan kognitif Taksonomi Bloom dan tabel penelaah soal secara kualitatif.Pengolahan data dilakukansecaradeskriptifkemudian dilakukan persentase hasil analisis.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsoal Ulangan harian (UH) dan soal Ujian Tengah Semester (UTS) pada tingkatan kelas X, XI dan XII yang belajar Biologitahunajaran 2017/2018 di SMAN 1 Rambatan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh soal UH dan UTS pada tingkatan kelas X, XI, dan XII yang belajar Biologi di SMAN 1 Rambatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh butir soal tersebut dilihat dari ranah kognitif mengukur keterampilan berpikir tingkat rendah yang mendominasi, dikarenakan butir soal yang ada paling banyak mengukur tingkat C1 ada sebanyak 90 (33,8%) dan C2 ada sebanyak 139 (52,2%), untuk C3 32 (12%) butir soal, hanya beberapa soal yang mengukur tingkat tinggi dalam bentuk C4 5(2,2%), sedangkan untuk soal tingkat C5 dan C6 tidak ada ditemukan. Dan untuk soal bentuk uraian juga berada pada keterampilan berpikir tingkat rendah dikrenakan butir soal hanya tersebar mengukur tingkat C1 2 (50%) butir soal dan C2 2(50%) butir soal. Sedangkan dari analisis butir soal secara kualitatif, soal-soal dari seluruh tingkatan tersebut dapat berada dalam kategori cukup baik dalam memenuhi syarat materi, konstruksi, bahasa, dan penulisan.