Abstract:
ABSTRAK RIJALUL ABROR, NIM. 13 106 068, Judul Skripsi “Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Resume Kelompok Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMPN 2 Pariangan” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar biologi siswa yang masih di bawah KKM , hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan ceramah, diskusi dan tanya jawab (pembelajaran konvensional). Selain itu siswa kesulitan dalam memahami materi yang bersifat konsep dan hafalan, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan penerapan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan resume kelompok lebih baik dari pada hasil pembelajaran konvensional pada materi sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII SMPN 2 Pariangan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomizing Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pariangan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil kognitif belajar pada kelas eksperimen adalah 83,28 dengan persentase ketuntasan 85,71% dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 78,20 dengan persentase 70 % pada KKM 75. Dengan perhitungan statistik uji-t didapatkan t tabel 1,645, sedangkan t hitung = 1,87, dimana t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima.. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan resume kelompok lebih baik dari pada hasil belajar Biologi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Description:
Kata Kunci : Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Resume Kelompok, Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional