Abstract:
ABSTRAK
SILVIA ANDRI ROZALINA/NIM. 13 132 085, Judul Skripsi: “Penerapan Modifikasi Prilaku Teknik Modeling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak di TK Budi Karya Baringin Kelompok B”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan anak di Taman Kanak-Kanak Budi Karya Baringin. Rendahnya kedisiplinan anak sebagai akibat dari guru yang kurang mampu merancang pembelajaran yang menyenangkan. Strategi yang digunakan guru kurang optimal. Penggunaan modifikasi prilaku teknik modeling peneliti pilih sebagai salah satu solusinya, karena dengan modifikasi prilaku teknik modeling berdampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan modifikasi prilaku teknik modeling dapat meningkatkan kedisiplinan anak di TK Budi Karya Baringin. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan modifikasi prilaku teknik modeling dapat meningkatkan kedisiplinan anak di TK Budi Karya Baringin.
Sesuai dengan masalah di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pre-eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik TK Budi Karya Baringin Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelompok B1. Perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah penerapan modifikasi prilaku teknik modeling.
Sebelum perlakuan atau treatment diberikan kepada anak, terlebih dahulu diberikan pretest untuk melihat kemampuan awal bahasa anak. Adapun rata-rata hasil pretest kelompok 27.5. Setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa modifikasi prilaku teknik modeling. Selama perlakuan diberikan terjadi peningkatan kedisiplinan anak, hal ini terlihat dari hasil posttest yang diberikan dengan rata-rata 56.5.
Untuk menguji signifikansi t0 dengan cara membandingkan t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel), pada degrees of freedom (df) atau derajat bebas (db) 12 pada taraf signifikansi 5% tt diperoleh sebesar 2,179. Kemudian dengan membandingkan hasil dari t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt, gambarannya sebagai berikut: 38,05>2,179.
Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya modifikasi prilaku teknik modeling dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak usia dini.
Kata Kunci: Kedisiplinan Anak, Modifikasi Prilaku Teknik Modeling