Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah penurunan penjualan dari tahun ke tahun pada Tenunan Unggan Lansek Manih Sumpur Kudus, karena memproduksinya lama dan membutuhkan kerja lima hari untuk selembar kain tenun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran (Product, Place, Price, and Promotion) pada Tenunan Unggan Lansek Manih Sumpur Kudus. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitan lapangan (field research), dimana dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan tentang bagaimana Strategi Pemasaran Tenunan Unggan Lansek Manih. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisi deskrptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dihasikan oleh usaha Tenunan Unggan Lansek Manih sudah bervariasi, penetapan harga sesuai dengan kualitas produk, motif, bahan tenunan dan wilayah pemasaran, Distribusinya dilakukan dengan cara titipan di toko dan memberikan jasa layanan untuk mengantarkan tenunan ke konsumen. Promosi yang digunakan seperti iklan di radio, promosi di sosial media dan promosi dengan cara face to face. Selain melakukan promosi di iklan, sosial media dan face to face pemilik tenunan Unggan Lansek Manih ingin mempromosikan tenunannya melalui pameran-pameran seperti pameran daerah dan pameran seni.