Abstract:
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah penjualan Samsung pada Abeng Celluler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penjualan Samsung 5 tahun terakhir di Abeng Celluler, dengan menggunakan metode analisis SWOT. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data penulisan skripsi ini adalah menggunakan dokumentasi dan wawancara terstruktur dengan menggunakan panduan wawancara berupa daftar pertanyaan yang telah penulis persiapkan. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan alat analisis data berupa matriks SWOT. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 13 orang, yakni terdiri dari 2 orang karyawan dan 1 pemilik Abeng Celluler dan 10 orang pelanggan di Abeng Celluler, dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa laporan penjualan handphone Samsung 5 tahun terakhir di Abeng Celluler. Dari penelitian yang penulis lakukan, berdasarkan hasil matriks analisis SWOT dapat penulis simpulkan bahwa penjualan smartphone Samsung di Abeng Celluler secara keseluruhan 5 tahun terakhir mengalami peningkatan penjualan, untuk itu beberapa alternatif strategi yang dapat dipilih dan diterapkan terhadap penjualan smartphone Samsung selanjutnya adalah strategi SO menjadikan produk dengan pangsa tertinggi untuk memperoleh respon pasar yang cepat, dengan smartphone Samsung sebagai penjualan utama. Strategi WO, mempromosikan persediaan produk smartphone Samsung yang dijual terbatas. Strategi ST, memberikan info produk unggulan yang dijual dan melakukan pembulatan harga kebawah serta memperhatikan hal-hal kecil pada pelanggan dengan membangun komunikasi menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti. Strategi WT, memasuki pasar dengan merek penjualan yang sudah dikenal konsumen dan menambah jumlah SDM yang sesuai dengan bidangnya.