Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat pada tahun 2016 diketahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BBI Tanjung Balik ini kurang bagus, dikarenakan strategi maupun perencanaan pemasarannya tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran benih ikan di BBI Tanjung Balik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara langsung. Data yang penulis gunakan adalah data primer yang penulis dapatkan secara langsung dari Kepala BBI Tanjung Balik, Kepala TU BBI Tanjung Balik, dan tenaga harian BBI Tanjung Balik. Berdasarkan hasil penelitian penulis, untuk mengembangkan strategi pemasaran benih ikan di BBI Tanjung Balik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: Memproduksi ikan dengan cara menonjolkan keunggulan dalam artian meningkatkan kualitas produk, memberikan harga yang bersaing dan terjangkau bagi masyarakat, mengembangkan strategi promosi dengan cara mengiklankannya di media sosial, membagikan selembaran brosur dan memberikan diskon khusus, lebih mengembangkan wilayah pendistribusian pemasaran benih ikan dan memperluas pasar sasaran