Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | HILMA AMIRA | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:33:21Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:33:21Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-12-12 | |
dc.identifier.isbn | 14106026 | |
dc.identifier.isbn | 14106026 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900926 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12769 | |
dc.description.abstract | HILMA AMIRA, NIM. 14 106 026 judul skripsi “Pengaruh Strategi Pembelajaran Terpadu (Unit Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di MTsN 12 Tanah Datar” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran biologi di MTsN 12 Tanah Datar belum dilaksanakan sepenuhnya secara terpadu, prestasi kognitif peserta didik belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM), sumber belajar hanya didapat dari informasi guru, peserta didik kesulitan menerima pelajaran dengan konsep yang terintegrasi dan guru masih menerapkan konsep belajar secara klasik (metode yang diterapkan ceramah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran terpadu (Unit Learning). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (true experiment), dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu randomized control group posttest only design. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan sistem lotting. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 12 Tanah Datar yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 179 orang. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII B berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E bejumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa tes objektif sebanyak 30 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,07 lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 63,66. Sedangkan pada uji t’ didapatkan tHitung = 4,598 dan t tabel = 1,645 maka H0 ditolak karena thitung > ttabel atau 4,598 >1,645, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa yang menggunakan strategi pembelajaran terpadu (Unit Learning) lebih baik dari pada hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berupa metode ceramah pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII di MTsN 12 Tanah Datar. Keyword | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi- pendidikan | |
dc.subject.ddc | 547.07 | |
dc.subject.ddc | 547.07 | |
dc.title | PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU (UNIT LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI MTsN 12 TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |