Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAI TARAB

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author VIRNI TUSRIYAT OKTAVIA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:44:19Z
dc.date.available 2020-02-21T01:44:19Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.isbn 12106018
dc.identifier.isbn 12106018
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700273
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12922
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Proses pembelajaran masih kurang menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran biologi, (2) Hasil belajar biologi siswa masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, (3) Siswa kurang aktif dalam mempelajari materi biologi yang akan dipelajari (4) Kurangnya motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar sehingga menyebabkan siswa sering meribut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model Active Learning Tipe Learning Tournament. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model Active Learning Tipe Learning Tournament lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Tarab. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian (Randomized Control Group Pretest Postes Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Tarab yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 yang berjumlah 88 orang. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir kedua kelas sampel. Dalam penelitian ini, tes akhirnya berupa soal pilihan ganda 25 butir soal. Hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,06, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-ratanya adalah 69,6. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima.Jadi hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model Active Learning Tipe Learning Tournament lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMAN 1 SUNGAI TARAB
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku