Publikasi IAIN Batusangkar

Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division ) Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas Xi SMAN 1 Sungayang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HIKMAH ANALISA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:45:24Z
dc.date.available 2020-02-21T01:45:24Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2016-05-13
dc.identifier.isbn 02.2160136
dc.identifier.isbn 02.2160136
dc.identifier.issn 02.2160136
dc.identifier.other 02.21600303
dc.identifier.other 02.2160136
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12942
dc.description.abstract Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achieviement Division) dengan Mind mapping dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI SMAN 1 Sungayang Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar biologi siswa yang disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa beranggapan pelajaran biologi merupakan pelajaran hafalan dan sulit untuk dipahami, selain itu guru masih menerapkan model pembelajaran ceramah dan pemberian tugas rumah. Dan catatan siswa yang monoton. Untuk itu maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping terhadap hasil belajar Biologi siswa SMAN 1 Sungayang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized control Group Only design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sungayang yaitu, kelas XI IA1, XI IA 2, dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total sampling. Maka, terpilihlah kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda. Soal yang digunakan berjumlah 40 butir soal, setelah dilakukan uji coba dan analisis, maka diperoleh 20 butir soal yang dipakai untuk tes akhir kedua kelas sampel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen adalah 76,00 dengan persentase ketuntasan 68% sedangkan rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas kontrol adalah 55,8 dengan persentase ketuntasan 26%. Dari uji hipotesis maka diperoleh P-value = 0,000 dengan = 0,05. Artinya, P-value < , sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan penerapan Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achieviement Division) dengan Mind mapping lebih baik dari pada hasil belajar biologi dengan pembelajaran konvensional.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title Variasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division ) Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Biologi Di Kelas Xi SMAN 1 Sungayang
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku