Abstract:
MIMI YULIA FITRI. 14 107 021. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA FISIKA BERORIENTASI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMA N 3 PADANG PANJANG”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Permasalahan yang ditemui di SMA N 3 Padang Panjang adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan keterbatasan bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswadalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dan siswa telah menggunakan bahan ajar berupa LKS. LKS yang digunakan dalam pembelajaran adalah LKS yang dibeli dari agen penerbit yang datang ke sekolah-sekolah. LKS ini hanya digunakan oleh siswa sebagai latihan soal. Siswa dituntut untuk mempelajari materi fisika berdasarkan karakteristik dan skenario yang disusun oleh agen penerbit. Padahal LKS merupakan salah satu sumber belajar mandiri yang dapat dimanfaatkan oleh siswa guna mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Berdasarkan hal ini dibutuhkan LKS yang mampu membangkitkan minat siswa dalam belajar dan siswa dapat menemukan konsep pembelajaran dan menyelesaikannya sendiri. Jadi salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan merancang LKS yang dapat membangkitkan minat siswa dan melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS fisika Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi momentum dan impuls kelas X SMA N 3 Padang Panjang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4-D. Rancangan penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu : (1) tahap pendefinisian, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, analisis buku teks dan LKS, dan mereview literatur tentang LKS, (2) tahap perancangan, dilakukan untukmenyiapkan prototipe LKS fisikaBerorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM), dan (3) tahap pengembangan, hasil dari prototipe yang dirancang dilanjutkan pada uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKS fisika Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) LKS fisika Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM) sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi yang diperoleh 85%, (2) LKS fisika Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM) sudah memenuhi kriteria praktis yang telah diuji cobakan kepada 36 orang siswa kelas X MIPA 1 SMA N 3 Padang Panjang dengan hasil angket respon guru 87,5% dan angket respon siswa 85%, (3) LKS fisika Berorientasi Sains Teknologi Masyarakat (STM) sudah memenuhi kriteria efektif dengan perolehan nilai N-gain sebesar 73%.